Wowslider
  • http://wowslider.net/
  • Graphic2
fixxx1 Graphic22
wowslider by WOWSlider.com v8.7
CSS MenuMaker
Selamat Datang Di Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU TANAMAN

a. Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Tanaman yang berkualitas dan merupakan pusat penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengembangan IPTEK yang berbasis pengembangan, pengelolaan dan budidaya tanaman.

b. Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan transfer secara efektif paket-paket IPTEK pertanian guna menghasilkan tenaga pemikir, perumus dan perencana pembangunan pertanian yang berkualitas dan profesional, mempunyai wawasan dan kemampuan dasarakademik dan kemampuan teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan pembangunan pertanian yang aktual, serta berkemampuan mengkomunikasikan hasil karya teknologi baik dengan sejawat maupun masyarakat yang luas.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian guna mengembangkan, menggali, menghasilkan dan memperbaharui serta mendokumentasikan IPTEK bidang pertanian, khususnya pengembangan IPTEK guna memecahkan masalah budidaya tanaman buah-buahan tropika, tanaman-tanaman perkebunan penting, serta pengembangan berbagai jenis tanaman dan teknologi budidaya pertanian yang sesuai untuk pertaniandi areal lahan rawa pasang surut, lahan rawa lebak dan lahan-lahan kering marjinal.
  • Menyebarluaskan secara langsung maupun tidak langsung hasil IPTEK dan pengelolaan pertanian kepada masyarakat guna membangkitkan motivasi masyarakat untuk melaksanakan pembangunan pertanian berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, sebagai kinerja pengabdian civitas akademika Universitas Sriwijaya.

c. Tujuan

  • Melaksanakan pendidikan tinggi yang berkualitas bidang ilmu tanaman.
  • Menghasilkan lulusan magister (S2) Ilmu Tanaman yang berkualitas dan memiliki dasar pengetahuan akademik dan keterampilan teknis sehingga mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEK pertanian berbasis Tanaman melalui peneliian dan pengkajian terhadap masalah yang timbul di masyarakat.
  • Membekali dan menghasilkan lulusan yang mandiri dan mampu melanjutkan pendidikan ke program pendidikan doktor (S3) bidang pertanian.

d. Sasaran

  • Menjadi seorang ilmuwan yang mempunyai spesialisasi dan kemampuan akademik pada salah satu bidang kajian ilmu tanaman dan memahami secara mendalam hubungan antara berbagai bidang kajian ilmu tanaman.
  • Memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian.
  • Melakukan alih ilmu dan teknologi melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan penyuluhan.
  • Berperan dalam inovasi dan improvisasi proses produksi pertanian.
  • Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasainya untuk penbangunan bidang pertanian ditingkat daerah, naional dan global.

e. Penyelenggaraan Pendidikan

Program Studi Magister Ilmu Tanaman menawarkan 4 (empat) bidang kajian utama (BKU), yaitu:

  • BKU Agronomi
  • BKU Pengelolaan Lahan Pertanian
  • BKU Proteksi Tanaman, dan
  • BKU Produksi Pangan Terpadu

Masing-masing BKU tersebut dicirikan oleh Mata Kuliah Wajib, Mata Kuliah Pilihan dan Topik Penelitian Tesis. BKU Produksi Pangan Terpadu adalah Program Double Master Degree yang merupakan kerjasama antara Universitas Sriwijaya dengan Mie University, Japan.

Kurikulum pendidikan pada Program Studi Ilmu Tanaman terdiri atas perkuliahan, penelusuran akademik (literatur) dan interaksi akademik yang meliputi seminar, pertemuan profesi dan penelitian. Setiap mahasiswa diwajibkan menempuh minimal 38 SKS yang mencakup Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan.

PIMPINAN PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU TANAMAN

»LOGIN SIMAK AKADEMIK DOSEN
»LOGIN SIMAK AKADEMIK MAHASISWA
»LOGIN SIMAK AKADEMIK ADMIN/OPERATOR

»BEM FP (Badan Exsekutif Mahasiswa)
»HIMILTA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah)
»HIMAGRON (Himpunan Mahasiswa Agronomi)
»HIMAPRO (Himpunan Mahasiswa Proteksi)
»HIMATETA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian)
»IMASIKAN (Ikatan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan)
»HIMAPETRI (Himpunan Mahasiswa Peternakan Unsri)
»HIMAGROTEK (Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi)
»BWPI (Badan Wakaf Pengkajian Islam)
»GEMPA (Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam)
»WABAPERTA (Wahana Basket Pertanian)

Google Map
Statistik Pengunjung

Statistik Pengunjung

000000

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :