Wowslider
  • http://wowslider.net/
  • Graphic2
fixxx1 Graphic22
wowslider by WOWSlider.com v8.7
CSS MenuMaker
Selamat Datang Di Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya

Pada tanggal 14 Desember 2006 program doktor ilmu pertanian unsri meluluskan alumni pertamanya yaitu Tirta Jaya, dan jumlah alumni doktor pertanian  sampai Februari 2014 sebanyak 60 orang.  Untuk terus menjaga mutu kinerja akademik pendidikan doktor ilmu pertanian maka visi dan misi serta kurikulum dari program studi direvisi kembali pada maret  2013  melalui workshop revisi kurikulum program doktor ilmu pertanian .   Melalui S.K Rektor Unsri No.110/UN(/DT.Kep/2013 tanggal 7 mei 2013 maka  kurikulum program studi  doktor ilmu pertanian disahkan Rektor Unsri.

 

B. VISI, MISI DAN TUJUAN

Jumlah dosen  pengajar yang terlibat sampai tahun 2014 sebanyak 67 orang dan ada 18 orang berkualifikasi guru besar (professor), dan jumlah mahasiswa sebanyak 62 orang.   Untuk  melaksanakan amanah hasil workshop revisi kurikulum program studi doktor ilmu pertanian maka telah dirumuskan visi, misi, dan tujuan dari program studi sebagai berikut;

Visi program studi

Program doktor yang unggul dan berdaya saing global dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan iptek bidang pertanian, terutama pada agroekosistem lahan basah.

Misi program studi

  1. Menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta praktek di bidang pertanian lahan basah dan agroekosistem lainnya.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia berkualifikasi Doktor  yang handal dan berdaya saing dalam mengembangkan pengetahuan teorI dan praktek bidang pertanian di tingkat nasional dan internasional,
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang pertanian pada lahan basah (wetlands) dan agroekosistem lainnya berkualitas nasional dan internasional,
  4. Menjalin kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan bidang ilmu pertanian dengan perguruan tinggi lain, pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

 Tujuan program studi

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di dalam bidang pertanian atau praktek professional melalui riset untuk menghasilkan Ipteks original dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pertanian terutama agroekosistem lahan basah melalui pendekatan inter, dan multidisipliner.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset bidang pertanian yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

 

C.   AKADEMIK

Mahasiswa program studi doktor ilmu pertanian diarahkan untuk memilih bidang kajian utama yaitu

  1. Agronomi
  2. Pengelolaan lahan pertanian
  3. Hama dan penyakit tumbuhan
  4. Agribisnis
  5. Teknologi industri pertanian

Masa studi mahasiswa doktor ilmu pertanian unsri dibedakan menjadi dua yaitu lima tahun (31 juli) untuk sebidang ilmu dan lima tahun setengah (31 Desember) untuk tidak sebidang ilmu sehingga jumlah SKS minimal untuk sebidang ilmu adalah 40 sks dan untuk tidak sebidang ilmu adalah 52 sks.  Para mahasiswa doktor ilmu pertanian harus lulus semua mata kuliah, prelim, seminar proposal, seminar kemajuan, seminar hasil, ujian disertasi (tertutup), dan ujian promosi doktor (terbuka).  Mahasiswa dinyatakan lulus studi jika sudah lulus yudisium.   Guna menunjang kualitas akademik maka program studi doktor ilmu-ilmu pertanian telah difasilitasi oleh berbagai unit laboratorium, perpustakaan dan laboratorium lapang milik berbagai pihak atau instansi.

 

Selama studi mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan seminar mahasiswa, dan juga mengikuti seminar nasional dan internasional baik sebagai pemakalah dan juga peserta. Untuk lebih mempercepat kompetensi publikasi di jurnal ilmiah maka kegiatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah akan terus dilaksanakan oleh program studi secara terencana dan terukur sehingga karya ilmiah mahasiswa dapat dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.  Selain itu, untuk menambah wawasan mahasiswa doktor  ilmu pertanian maka kegiatan field trip rutin ke suatu lembaga yang kompeten terus dilaksanakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

»LOGIN SIMAK AKADEMIK DOSEN
»LOGIN SIMAK AKADEMIK MAHASISWA
»LOGIN SIMAK AKADEMIK ADMIN/OPERATOR

»BEM FP (Badan Exsekutif Mahasiswa)
»HIMILTA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah)
»HIMAGRON (Himpunan Mahasiswa Agronomi)
»HIMAPRO (Himpunan Mahasiswa Proteksi)
»HIMATETA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian)
»IMASIKAN (Ikatan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan)
»HIMAPETRI (Himpunan Mahasiswa Peternakan Unsri)
»HIMAGROTEK (Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi)
»BWPI (Badan Wakaf Pengkajian Islam)
»GEMPA (Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam)
»WABAPERTA (Wahana Basket Pertanian)

Google Map
Statistik Pengunjung

Statistik Pengunjung

000000

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :